Selasa, 10 April 2012

my fault

Kesalahan terbesar ku yang pernah kulakukan selama masa-masa sekolah disini adalah : men-judge orang yang baru sebentar aku kenal.

Ya, kali ini aku benar-benar merasa bersalah terhadap mereka, yang pastinya pernah aku judge dengan teganya. Banyaak sekali jumlahnya. Bahkan sekarang aku udah lupa, siapa-siapa aja yang pernah aku judge seenak jidat ku.

Dan sekarang aku sadar, semua orang di dunia ini tidak bisa ditebak sifat nya. Dunia ini palsu, begitupun aktor dan aktris yang berada di dalamnya.  Kita semua pasti mempunya berbagai macam sisi dari diri kita. Lingkungan lah yang membuat kita menentukan, bagian dari sisi mana kah yang kita pilih untuk berada dalam suatu lingkungan tersebut.

Sebagai contoh, sikap kita terhadap orang tua, teman, ataupun musuh tentu berbeda kan satu sama lain?
Di depan teman, kita bisa menjadi pribadi yang sangat menyenangkan, perhatian, dan bahkan sangat pantas untuk disayangi. Sebaliknya, perilaku kita ke musuh tentu kebalikannya. Kita akan menjadi anak yang ber-akting amat-sangat menyebalkan di depan mereka. Ya, itu salah satu sisi dari berbagai banyak sisi yang kita pilih untuk ditunjukka ke kelompok yang berbeda.

Semua orang itu munafik. Ya, aku tidak menyalahkan mereka. Karena memang pada dasarnya, munafik itu diperlukan. Sekali lagi, dunia ini hanyalah sebuah panggung, dimana diri kita adalah pemain kunci sekaligus pemeran utamanya. Disaat kita lemah, kita harus berpura-pura untuk tegar hanya untuk menghadapi segala rintangan yang ada di depan kita. Dengan harapan, dari segala kepalsuan itu akan membawa sugesti pada diri kita untuk menjadi benar-benar tegar.

So, no one has the rights to judge other people :-) <3

Tidak ada komentar:

Posting Komentar